Kekuatan Prasangka Negatif  

Lisensi Artikel:

Artikel ini bebas dikutip, dengan menyertakan link sumber, namun apabila terpaksa menjiplak/copy paste, wajib meminta izin terlebih dahulu dari penulis artikel ini

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Pernahkah terpikirkan bahwa sebenarnya prasangka itu sangat mempengaruhi tindakan seseorang? Atau bahkan mungkin perilakunya bisa berubah? Baik prasangka positif maupun negatif, semuanya bisa memberikan efek kepada diri kita. Namun di sini akan dibahas mengenai prasangkan negatif terlebih dahulu.

Seorang teman, yang biasa berprasangka negatif, seringkali menjadi cepat pusing dan stress dalam menjalankan hidup dan dalam berhubungan dengan orang lain. Bagaimana tidak? Ketika seseorang ingin menjadi sahabatnya, dia berkata, "Orang ini pasti pengen harta kekayaan gue." Ketika seseorang datang terlambat memenuhi janjinya, walaupun cuma 1 menit, dia berkata, "Dasar pemalas, kalau misalnya ga niat janjian ya ga usah janjian!", ketika seseorang datang berpenampilan sederhana, dia berkata, "Ini pastilah orang bodoh dan miskin". Ketika dia dipanggil ke ruang guru, dia berkata, "Salah apa gue? Padahal gue kan ga pernah ngelanggar tata tertib sekolah ini?". Ketika orang lain rajin beribadah kepada Tuhannya, dia berkata,"Cari muka nih orang, biar dipuji kali yee...".Ketika ada orang yang nilai ujiannya lebih bagus dari dia, dia berkata,"Yah, tu orang pasti nyontek!". Ketika orang lain agak sedikit berbeda perlakuan terhadap dirinya, dia berkata,"Salah apa gue? Duh, orang ini marah ke gue ya?"

Apakah perasaan yang dihasilkan dari prasangka negatif? Bukankah hanya perasaan waswas, takut, tidak nyaman, bahkan cenderung bisa jadi membenci dan menilai orang lain dengan salah?!? Segunung kebaikan dan keindahan yang terpampang di depan mata, menjadi tidak terlihat dikarenakan sebuah prasangka negatif. Seribu peluang untuk mencapai kesuksesan, bisa terlihat menjadi seribu jurang kegagalan dikarenakan prasangka negatif. Jadi pertanyaannya, maukah kita menjadi orang seperti ini, ataukah justru kita adalah orang yang seperti ini?

Wassalamualikum Wr Wb.,

AddThis Social Bookmark Button

0 komentar

Posting Komentar