Jangan Menjadi Orang Bodoh  

Lisensi Artikel:

Artikel ini bebas dikutip, dengan menyertakan link sumber, namun apabila terpaksa menjiplak/copy paste, wajib meminta izin terlebih dahulu dari penulis artikel ini

Assalamualaikum Wr Wb.,

Parameter orang bodoh itu banyak, betul? Tapi tidak setiap yang dikatakan dan dinilai bodoh itu benar-benar bodoh. Di sini saya akan memberikan sebuah parameter orang bodoh, perhatikan kata-kata ini

"Setiap orang bodoh hanya bisa mengkritik, menyalahkan, mengeluh, dan merasa dirinyalah yang paling benar dengan banyak beralasan untuk mempertahankan kebenarannya, yang padahal dia sendiri tahu bahwa itu salah, dan  kebanyakan dari orang bersikap demikian."

Sahabat, tidak ada larangan bagi kita untuk mengkritik atau memberikan sebuah saran. Namun permasalahannya terkadang, banyak orang yang terlalu berlebihan dalam mengkritik, menyalahkan, atau mengeluh atas kejadian yang menimpanya.

Orang bodoh pertama, adalah dia yang mengkritik bukan karena ingin membangun, namun ingin menghancurkan dan memojokkan. Walaupun terpampang sejuta kebaikan di hadapannya, namun yang dicari dan terlihat di matanya adalah sebuah noda hitam yang jelek.

Orang bodoh kedua, setiap melakukan kesalahan dan apapun itu yang tidak diharapkan, dia selalu mencari orang untuk disalahkan. Dia tidak pernah berkaca pada dirinya sendiri. Ia tidak pernah bertanya kepada dirinya, "Apakah yang saya lakukan sehingga semua bisa seperti ini?"

Orang bodoh ketiga, setiap hari pekerjaannya hanyalah mengeluh saja.  Ia tidak dapat merasakan nikmatnya hidup. Setiap hal dalam hidup ini, dia hanya memikirkan dan terpaku pada masalah. Jarang sekali terpikirkan solusi dalam kepalanya, keindahan dunia pun dipandang sebagai suatu masalah. Karena biasanya hanya memikirkan masalah dan mengeluh, maka orang seperti ini sering berkata, "Ya Tuhanku, mengapa Engkau memberikan aku hidup yang seperti ini?"

Orang bodoh keempat, adalah orang yang sudah tahu bahwa perbuatannya itu salah, namun dia masih berargumen bahwa perbuatannya itu benar. Contoh yang paling kecil, tanyalah kepada orang yang suka merokok. Sudah tahu bahwa manfaatnya sedikit sekali. Organ tubuh pasti rusak, pengeluaran jadi boros, mengganggu orang lain yang menghirup asapnya, tetapi kenapa ya orang tersebut merokok?

Sahabat, dalam hidup ini memang banyak sekali kriteria-kriteria orang bodoh, namun dari keempat tipe yang sudah saya sebutkan di atas, apakah masih ada sifat orang bodoh yang melekat pada diri kita? Cobalah untuk tidak menjadi orang bodoh dan jadilah insan yang cerdas.  

Wassalamualaikum Wr. Wb.

AddThis Social Bookmark Button

0 komentar

Posting Komentar