Citra Diri Sukses  

Setiap orang tentu menginginkan bahwa dirinya bisa sukses.namun masih banyak orang yang telah berupaya sekuat tenaga tetapi masih belum bisa mencapai sukses.Lalu dimana letak kesalahannya ?
Untuk bisa sukses orang perlu menyusun suatu tujuan yang jelas dan memotivasi,hal ini juga telah dilaksanakan,tetapi masih juga tidak mampu untuk mencapai sukses.Dimana lagi letak kesalahannya ?
Untuk dapat mencapai sukses,selain telah menetapkan tujuan yang jelas,rupanya ada satu hal yang belum dibentuk didalam diri anda,yaitu Citra Diri.

Citra Diri ini sesuatu yang abstrak tetapi nyata didalam pikiran kita.
Apakah anda seorang Penjual,Profesional atau Businessman,tentu anda pernah mengalami perasaan ragu - ragu dan kurang percaya diri.Kedua hal ini merupakan masalah Citra Diri. Dengan kata lain Anda belum memilik Citra Diri yang selaras dengan Profesi anda,sehingga anda tidak menggunakan seluruh potensi anda untuk bertindak.
Citra diri merupakan konsep tentang diri sendiri,dimana Citra Diri terbentuk dari pembelajaran dan pengalaman sehingga menjadi keyakinan mengenai siapa sesungguhnya diri anda Dan segala sesuatu ide/gagasan yang anda yakini benar menurut pendapat anda,akan menjadi Program bagi diri anda dan mengendap di dalam pikiran bawah sadar anda.

Misalkan anda tidak yakin bahwa anda akan mampu untuk menjual,dan pernah anda coba untuk melakukan pekerjaan untuk menjual dan gagal,Hal ini akan tertanam didalam pikiran bawah sadar dan membentuk Citra Diri anda sebagai orang yang tidak mampu untuk menjual.Lain waktu anda mencoba kembali untuk menjual dan gagal lagii,ini akan tersimpan lagi didalam pikiran bawah sadar anda.Dan beberapa kali lagi anda mencoba dan gagal,lama kelamaan anda akan merasa bahwa adalah orang yang tidak sesuai untuk menjual.Dan ini menguatkan Citra Diri Anda bahwa anda memang bukan seorang penjual.

Apakah Citra Diri itu bisa dirubah ? Anda bisa merubah Citra Diri Anda selaras dengan Tujuan anda,bila anda mau dan ingin mencapai kesuksesan anda.Bagaimana caranya ? Pertama susun dan tatapkan apa yang ingin anda capai ( tujuan ),misalkan anda ingin menjadi Penjual.Kedua perilaku apa yang anda inginkan yang dapat mendukung tujuan anda sebagai seorang penjual,tuliskan dalam selembar kertas sebagai Pernyataan anda,sebagai contoh anda bisa menuliskan " aku adalah penjual hebat ",aku adalah seorang penjual yang ulet " dan lain sebagainya.Ketiga visualisasikan semua pernyataan pernyataan anda yang telah anda buat pada point dua diatas.Sebaiknya anda memvisualisasikan pernyataan ini diwaktu pagi hari setelah bangun tidur atau waktu malam sebelum tidur.Lakukan ini setiap hari.Kempat visualisasikan tujuan ( sasaran ) anda setiap hari sama seperti memvisualisasikan pernyataan pernyataan anda.

Mengapa anda perlu memvisualisasikan pernyataan dan sasaran anda setiap hari,dengan visualisasi akan menumbuhkan perasaan percaya diri,gairah dan semangat anda dan bila perasaan ini memenuhi diri anda maka anda akan berani untuk mencoba hal-hal ataupun alternative-alternatif baru dalam mengejakan pekerjaan anda.Dan sekaligus perasaan percaya diri dan gairah ini akan mendorong anda untuk melakukan tindakan sesuai tujuan/sasaran anda.

Visualisasi merupakan jembatan menuju pikiran bawah sadar anda,dan dengan visualisasi ini,Citra Diri anda akan terbentuk dan akan bekerja secara otomatis di dalam diri anda.
Apabila Citra Diri anda telah terbentuk selaras dengan tujuan dan sasaran anda maka anda akan tetap bersemangat walaupun anda mengalami hambatan dan rintangan.Anda akan selalu optimis dapat mengalahkan dan mengatasi segala hambatan dan rintangan yang menghadang anda.Dan kalaupun anda mundur ketika anda menghadapi halangan dan rintangan,maka Citra Diri anda akan berteriak untuk mengingatkan kepada anda,dia akan berkata : Hey .. anda bukan orang penakut seperti itu lho.

Perlu anda ketahui bahwa Citra Diri mengendalikan sikap,perilaku,perasaan dan kemampuan anda,oleh karena itu setiap saat anda perlu untuk mengembangkan,menyehatkan dan menyelaraskan Citra Diri anda
" Citra Diri Harus dikondisikan, diperkuat dan dipersiapkan untuk Keberhasilan yang anda Inginkan "

Selamat mencoba dan salam sukses selalu.

Soegianto Hartono
Email : Soe_hartono@hotmail.com
HP : 0813-64808061

AddThis Social Bookmark Button

0 komentar

Posting Komentar